Minggu, 10 Februari 2013

NGAYAU, TRADISI MENGERIKAN DARI SUKU DAYAK



Kemaren malam saya berdiskusi dengan para tokoh masyarakat yg cukup senior mengenai apa sih itu ngayau yg pada zaman sekarang kurang begitu terdengar lagi. saya coba search di goggle tentang ngayau karena saking penasaran dengan cerita yg cukup sekilas dari tokoh-tokoh warga. mungkin inilah sedikit gambaran tentang ngayau. atau agan punya cerita lain, ya mohon di share karena saya juga minim info untuk ini…
 
Siapa yang tidak kenal suku dayak, penduduk asli pulau kalimantan ini di kenal dunia sebagai suku yang tidak takut mati. Mereka sangat mempercayai kekuatan alam dan adat istiadat mereka. Kayau atau Ngayau adalah suatu tradisi mereka yang sangat kejam dan mengerikan. Dimana dalam tradisi ini mereka akan mempertahankan wilayah kekuasaan mereka walau harus membunuh dan memenggal kepala musuhnya.
 
 
Setelah itu, kepala yang di penggal akan di bawa ke kampung mereka. Namun, tidak semua orang dari mereka mampu melakukan hal itu. Beberapa orang yang memiliki keberanian tinggi yang dalam melakukan Kayau. Itulah sebabnya orang yang melakukan kayau akan di populerkan di kalangan wanita dayak pedalaman. Mereka mengganggap orang yang melakukan kayau punya keberanian tinggi dan akan mempertaruhkan nyawa untuk melindungninya.
 
Selain itu, mereka mempercayai jika kepala musuhnya di penggal, roh si musuh tidak akan gentayangan dan mengganggu mereka untuk membalas dendam. Acara adat pun harus dilakukan untuk menenangkan roh si musuh tersebut dengan memberikan sesaji dalam upacara adat yang bernama tiwah. Namun, tidak semua musuh boleh di penggal kepalanya, anak-anak dan kaum wanita tidak boleh di penggal. Biasanya mereka hanya di perbudak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar