Selasa, 22 Januari 2013

HELM DENGAN KEMAMPUAN TEMBUS PANDANG




     Pada film-film spy atau agen mata-mata, biasanya banyak sekali terdapat peralatan canggih yang mendukung sang mata-mata dalam beraksi. Salah satu peralatan yang cukup terkenal dan ampuh digunakan oleh sang mata-mata adalah kacamata tembus pandang. Di kehidupan nyata pun sebenarnya sudah terdengar berita tentang keberadaan kacamata tembus pandang ini walaupun saya sendiri belum pernah mencoba langsung. Tapi bagaimana dengan helm yang memiliki kemampuan tembus pandang, pasti belum pernah dengar kan.
     Sebuah perusahaan di Inggris membuat helm tembus pandang untuk pilot pesawat tempur. Lihatlah helm ini. Memiliki kemampuan X-ray atau inframerah yang menggunakan sensor dan bisa memberitahu pilot sasaran tembaknya.
     Ketika di-sync dengan kamera di pesawat, sistem dalam helm mampu memberikan gambar dari luar pesawat ke layar pilot. Nah, hal ini praktis memungkinkan sang pengemudi melihat dunia melalui pesawat. Kecanggihan lainnya, helm itu juga akan membuat tujuan dan koordinat mendarat menjadi lebih akurat.
     "Saat dipakai, helm itu akan terintegrasi dengan layar. Ketika pilot melihat sesuatu di tanah ia hanya menolehkan kepala, kemudian menempatkan simbol di tempat tujuan, tekan tombol, dan sistem akan menghitung objek koordinat," kata Alan Jowett dari BAE Systems, perusahaan pembuat helm itu diwartakan BBC, Selasa (4/9).
     Teknologi ini bahkan dapat melewati informasi untuk senjata tak berawak. Selain itu, helm ini juga dapat dilengkapi dengan kacamata night vision ganda.
     Kendati demikian, mantan pilot Inggris Andres Brookes mengatakan terlalu banyak teknologi justru tidak baik bagi seorang pilot. "Pilot di era modern jadi terlalu dimanjakan dengan kemudahan," kata Andrew.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar